Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Ilustrasi - Deretan perumahan.  - Antara Foto/Oky Lukmansyah/pd
Lihat Foto
Premium

Setelah Tertekan Akibat Pandemi, Bagaimana Proyeksi Kinerja Properti Tahun Ini?

Selama pandemi Covid 19, sejumlah pengembang harus menghadapi penurunan pertumbuhan ekonomi, penurunan daya beli, keterbatasan fisik yang menghambat operasional penjualan dan sentimen negatif yang berdampak pada pembeli. 
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com
22 Oktober 2021 | 17:59 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Kinerja sektor Properti diproyeksikan akan terus mengalami pemulihan hingga akhir tahun ini sejalan dengan menurunnya kasus Covid-19 dan meningkatnya kepercayaan diri masyarakat. 

Senior Advisor Research Knight Frank Indonesia Syarifah Syaukat mengatakan prospek pasar properti dari transaksi yang berlangsung saat ini menunjukan gelagat membaik, terutama untuk sektor-sektor yang bertahan dengan baik di tengah pandemi dan pembatasan sosial yakni sub sektor residensial dan industri (pergudangan dan kawasan industri). 

"Kondisi di atas bahkan akan berjalan lebih baik lagi, jika kondisi pandemi terkendali, dan program pemulihan ekonomi konsisten berjalan," ujarnya kepada Bisnis, Jumat (22/10/2021). 

Untuk sektor ritel di akhir tahun ini diproyeksikan mengalami pemulihan lebih cepat dibandingkan sub sektor lainnya. Tetapi, pemulihan sektor ritel ini akan sangat tergantung dari pelonggaran pembatasan.

Di sisi lain, sub sektor perkantoran masih akan bertahan dengan dukungan serapan potensial dari sektor e-commerce, FMCG, Trading, TMT (technology, media, telecommunication), dan BFSI (Banking, Financial Services and Insurance In).

Head Research Department Colliers Indonesia Ferry Salanto menuturkan kinerja sektor properti bakal meningkat pada kuartal IV-2021 asalkan tidak ada kemunculan gelombang ketiga dari pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top