Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pekerja Pertamina Geothermal Energy melakukan kegiatan uji produksi sumur KRH-4/1 yang merupakan salah satu sumur pengembangan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Karaha Unit 1 berpakasitas 1x30 MW di PLTP Karaha Bodas, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. - Antara / Andika Wahyu.
Lihat Foto
Premium

Menilik Potensi Besar Energi Panas Bumi Indonesia

Sebagai salah satu negara di lingkaran cincin api, Indonesia diberkahi dengan sumber energi panas bumi melimpah hingga 23,7 gigawatt (GW). Pemerintah dan swasta pun berpacu mengembangkan pembangkit geothermal ini.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com
07 Oktober 2021 | 11:22 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Sebagai salah satu negara di lingkaran cincin api, Indonesia diberkahi dengan sumber energi panas bumi melimpah hingga 23,7 gigawatt (GW). Pemerintah dan swasta pun berpacu mengembangkan pembangkit geothermal ini.

Panas bumi masuk dalam jajaran energi baru dan terbarukan. Dari potensi yang ada, kapasitas terpasang energi panas bumi di Indonesia saat ini hanya 2.175,7 megawatt (MW). Secara persentase, setara 9,2 persen dari potensinya.

Meski pemanfaatannya terbilang kecil, Indonesia menjadi negara dengan pemanfaatan energi panas bumi terbesar kedua setelah Amerika Serikat (AS). Negeri Paman Sam mencatat kapasitas terpasang energi panas bumi 3.676 MW pada 2020.

Data ThinkGeoEnergy pada 2020 menunjukan bahwa daya terpasang energi panas bumi di dunia adalah sekitar 16 GW. Dari sejumlah negara pengembang geothermal, hanya lima negara yang mencapai daya terpasang di atas 1 GW.

Selain AS dan Indonesia, tiga lainnya adalah Filipina 1.918 MW, Turki 1.526 MW, dan Selandia Baru sekitar 1.005 MW.

Di Indonesia, pemerintah telah merumuskan pengembangan energi panas bumi melalui UU Nomor 21/2014 tentang Panas Bumi. Pada Perpres Nomor 22/2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), panas bumi juga masuk dalam perencanaan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top