Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pengembangan PLTP Sorik Marapi dengan kapasitas total sebesar 240 MW merupakan salah satu proyek strategis nasional dan menjadi bagian dalam Program 35.000 MW maupun Program FTP 10.000 MW Tahap II.  - ebtke.esdm.go.id
Lihat Foto
Premium

Kabar Baik dari Panas Bumi Dalam Mendukung Transisi Energi

Dengan beroperasinya PLTP Sorik Marapi Unit II, kapasitas terpasang PLTP di Indonesia bertambah menjadi 2.175 MW. Total kapasitas terpasang ini menempati urutan ke-2 terbesar di dunia, setelah Amerika Serikat.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com
09 Agustus 2021 | 13:58 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sorik Marapi Unit II membawa angin segar bagi pengembangan energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia.

PLTP Sorik Marapi Unit II dengan kapasitas 45 megawatt (MW) akhirnya resmi beroperasi secara komersial pada 28 Juli 2021. Commercial operation date (COD) Unit II mengalami keterlambatan dari target semula yang direncanakan pada Desember 2020.

Pengembangan pembangkit yang dikelola oleh PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) ini sempat terganggu akibat pandemi Covid-19 dan adanya insiden dugaan paparan gas hidrogen sulfida (H2S) ketika kegiatan buka sumur di Unit II pada akhir Januari 2021.

Insiden itu menyebabkan lima orang warga meninggal dunia dan 46 orang lainnya dirawat di rumah sakit.

Buntut dari insiden tersebut, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pun menghentikan sementara seluruh kegiatan atau aktivitas SMGP di lapangan, termasuk penghentian operasi PLTP Sorik Marapi Unit I (45 MW) dan seluruh aktivitas pengembangan PLTP Sorik Marapi Unit II.

Kasus paparan gas di PLTP Sorik Merapi merupakan yang terberat sepanjang sejarah pengembangan panas bumi di Indonesia. Sebelumnya, paparan gas H2S juga pernah terjadi sekali pada 2016 di lapangan Medco Ijen, tetapi tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top