Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Proyeksi kebutuhan baja. - Bisnis.com
Premium

Historia Bisnis: Dilema Penyelamatan Bisnis Perusahaan BUMN

24 Mei 2021 | 23:22 WIB
Heboh pengumuman pensiun dini di Garuda Indonesia (GIAA) sebagai bagian dari restrukturisasi bisnis menjadi kisah yang berulang di perusahaan BUMN. Pada era sebelumnya, Krakatau Steel (KRAS) juga pernah melakukan langkah serupa mengulang program PT Timah.

Bisnis.com, JAKARTA - Pengurangan jumlah karyawan bukan merupakan bagian pokok dari rencana restrukturisasi PT Krakatau Steel, tapi hanya konsekuensi dari restrukturisasi bidang usaha. Langkah agar BUMN itu dapat mengkonsentrasikan diri kembali kepada bisnis intinya. 

Wakil Kepala Badan Pengelola Industri Strategis (BPIS), Giri Soeseno mengatakan lembaga yang dipimpinnya mengarahkan restrukturisasi total pada KS sehingga mengembalikan BUMN Industri Strategis itu ke bisnis inti (core business) dan menyerahkan bisnis lain yang dikelolanya ke anak perusahaan. 

"BPIS ingin menjadikan PTKS sebagai pusat keunggulan di bidang baja. Karena itu bidang usaha lain yang juga ditangani perusahaan tersebut akan dikelola anak perusahaan saja."  

Laporan ini menjadi tajuk edisi 24 Mei 1994. Laporan itu dengan judul 'Restrukturisasi PT KS Bertujuan Kembalikan Usaha pada Bisnis Inti."

Dalam edisi itu Giri menyebutkan bidang usaha yang ditangani PT KS terlampau luas, sehingga menjauhkan industri strategis itu dari bisnis utamanya yakni industri baja. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top