Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Ilustrasi pesawat - Reuters
Premium

Historia Bisnis: Akhir Singkat Penerbangan Indonesia Airlines

18 Mei 2021 | 21:10 WIB
Indonesia Airlines dibangun oleh mendiang Marsekal Madya (Purn) Kardono dan mantan pejabat karir Garuda Indonesia Rudy Setyopurnomo.

Bisnis.com, JAKARTA -  Bisnis airlines memberikan peluang yang besar. Dengan meningkatnya jumlah kelas menengah, pembiayaan dengan syarat lebih mudah dari lessor pesawat hingga geografis Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau, maka kehadiran maskapai yang relatif besar menjadi sebuah kebutuhan di Indonesia. 

Maka ketika ekonomi Indonesia mulai pulih setelah diterjang krisis ekonomi pada 1998, banyak konglomerat yang mencoba peruntungan di bisnis penerbangan. Salah satu yang mencoba peruntungan ini adalah Marsekal Madya (Purn) Kardono dan Rudy Setyopurnomo. 

Kedua ahli dalam industri penerbangan ini membangun Indonesia Airlines. Maskapai yang menyasar masyarakat menengah bawah dengan menawarkan biaya murah. Maskapai Indonesia Airlines diluncurkan pada 1999 dan mulai beroperasi penuh pada Maret 2001. 

Akan tetapi, dalam industri padat regulasi dan bersaing dengan para konglomerat hingga BUMN. Maskapai Indonesia Airlines berumur pendek. Pada 2003, perusahaan mulai menghentikan operasi. 

Bisnis Indonesia edisi 18 Mei 2003 merekam peristiwa itu dalam laporan dengan tajuk 'IA Diduga Stop Operasi sejak 5 Mei'.    

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top