Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Logo TikTok ditampilkan di TikTok Creator's Lab 2019 yang digelar Bytedance Ltd. di Tokyo, Jepang, Sabtu (16/2/2019). - Bloomberg/Shiho Fukada
Premium

Hasrat Induk TikTok, ByteDance, Jadi Raksasa Internet Dunia Saingi Alibaba dan Facebook

12 Mei 2021 | 15:18 WIB
ByteDance, induk usaha TikTok, berhasrat menjadi perusahaan internet raksasa dunia layaknya Alibaba dan Facebook. Strategi menyediakan fitur online shopping jadi salah satu cara.

Bisnis.com, JAKARTA — ByteDance Ltd. tak main-main dalam usahanya menyaingi perusahaan internet raksasa dunia seperti Alibaba, Tencent, atau Facebook. Salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan menyematkan fitur online shopping di aplikasi TikTok miliknya.

Seperti dilansir Bloomberg, Rabu (12/5/2021), TikTok sedang menjalin kerja sama dengan sejumlah merek termasuk label fesyen jalanan Hype untuk menjalankan uji coba di wilayah Eropa. Dengan kemitraan ini, para merchant bisa langsung menjual produk-produk mereka melalui TikTok kepada jutaan pengguna aplikasi itu. 

Saat ini, fitur tersebut baru dapat dilakukan oleh sebagian penggunanya di Eropa. Belum diketahui kapan fitur ini akan diluncurkan secara global. 

"TikTok sedang melakukan uji coba dan mempelajari berbagai penawaran serta kerja sama dengan e-commerce, dan kami terus mengeksplorasi banyak hal. Kami akan memberikan informasi terkini seiring dengan kajian atas berbagai layanan penting bagi para pengguna, kreator, dan brand di komunitas kami," papar TikTok dalam keterangan resmi.

Nantinya, TikTok tidak ikut menangani penjualan barang secara langsung. Tapi, mereka akan mendapatkan pemasukan dari slot iklan brand, peningkatan trafik, dan komisi.

Platform media sosial itu berharap dapat mereplikasi kesuksesan Douyin, yang juga bernaung di bawah ByteDance, yang sukses mencatatkan transaksi e-commerce senilai US$26 miliar pada tahun pertama operasinya. Douyin bahkan sudah berencana menggunakan video-video rekomendasi Artificial Intelligence (AI) untuk fitur ini. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top