Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Foto udara kawasan perumahan di Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat./Bisnis - Abdullah Azzam
Premium

Harga Merosot, Properti Tak Terjual Makin Banyak

07 Mei 2021 | 20:20 WIB
Harga properti terutama hunian merosot selama tiga kuartal terakhir. Di sisi lain, jumlah properti yang tidak terjual semakin banyak, menurut Rumah.com. Meski demikian, pasar properti nasional diperkirakan masih tetap stabil sepanjang 2021.

Bisnis.com, JAKARTA – Rumah.com mencatat harga hunian dalam tiga kuartal terakhir menurun di tengah kenaikan pasokan properti.

Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan temuan utama Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) kuartal II/2021 yang menunjukkan terjadi penurunan indeks harga properti disertai kenaikan indeks suplai secara nasional pada kuartal I/2021.

Data RIPMI menunjukkan bahwa indeks harga properti turun dalam tiga kuartal terakhir sementara indeks suplai naik dalam dua kuartal terakhir.

Dia mengemukakan data RIPMI pada kuartal I/2021 menunjukkan terjadinya penurunan harga properti, tetapi pasar properti nasional diperkirakan masih tetap stabil, apalagi ada hal lain yang dapat menjaga optimisme pasar dengan masih tingginya pencarian properti pada kuartal I/2021 dibandingkan kuartal sebelumnya.

Marine mengklaim data RIPMI ini memiliki akurasi yang cukup tinggi untuk mengetahui dinamika yang terjadi di pasar properti, karena data ini merupakan hasil analisis dari 400.000 listing properti dijual dan disewa di Rumah.com dari seluruh Indonesia dengan setiap bulannya lebih dari 17 juta halaman dikunjungi dan diakses lebih dari 5,5 juta pencari properti.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top