Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
SPBU Total di Indonesia. - Istimewa
Premium

Putar Balik Bisnis SPBU Total di Indonesia

07 Mei 2021 | 13:37 WIB
PT Total Oil Indonesia, perusahaan yang terafiliasi dengan raksasa migas Total SE, memutuskan menutup bisnis SPBU-nya di Indonesia. Ada apa?

Bisnis.com, JAKARTA — PT Total Oil Indonesia, perusahaan yang terafiliasi dengan jaringan bisnis migas Total SE, resmi mengumumkan berakhirnya layanan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mereka di Indonesia. Keputusan tersebut diumumkan perseroan pada Kamis (6/5/2021), setelah secara bertahap melakukan penutupan 18 SPBU yang mereka kelola di Jabodetabek dan Bandung sejak akhir 2020.

Manajer Marketing Total Oil Indonesia Magda Naibaho menggarisbawahi bahwa kendati tidak lagi berbisnis SPBU, Total masih akan beroperasi di Indonesia di segmen bisnis lain.

“Keputusan ini selaras dengan strategi Total secara global dalam hal manajemen portofolio kami secara aktif,” tuturnya dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Kamis (6/5).

Langkah tersebut terbilang tak biasa, mengingat beroperasinya bisnis SPBU Total di Indonesia sebenarnya masih seumur jagung.

Total Oil Indonesia sebenarnya tercatat berdiri dan memulai produksi di Indonesia sejak 1963. Namun, mereka baru masuk ke industri hilir atau penjualan di Indonesia pada 2003, dimulai dengan melakukan penjualan pelumas merek Total dan Elf untuk pasar Indonesia.

Penjualan BBM secara eceran via SPBU baru dimulai perseroan pada 2009.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top