Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Livery Pesawat Super Air Jet.  - Dok. Istimewa
Premium

Aksi 'Nekat' Super Air Jet Rebut Pasar Milenial

05 Mei 2021 | 08:31 WIB
Super Air Jet yang hadir di tengah pandemi Covid-19 dan upaya pemulihan industri penerbangan justru berupaya merebut pasar domestik, khususnya segmen milenial.

Bisnis.com, JAKARTA - Langkah Super Air Jet yang mempublikasikan dirinya sebagai maskapai baru di Indonesia dalam masa pandemi Covid-19 merupakan aksi yang tebilang nekat.

Bagaimana tidak, saat maskapai mapan seperti Lion Air Group dan Garuda Indonesia Group justru jungkir balik untuk mencari pendapatan, Super Air Jet yang masih 'anak bawang' ini justru percaya diri ingin merebut pasar domestik, khususnya generasi milenial melalui kategori low cost carrier (LCC).

Padahal, Indonesian National Air Carriers Association (INACA) memperkirakan upaya pemulihan industri penerbangan bakal kembali pada skenario paling pesimis dengan adanya faktor larangan mudik 2021. Perkiraan tersebut disusun bersama dengan peneliti dari Universitas Padjadjaran (Unpad).

Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja mengatakan skenario tersebut mengisyaratkan pemulihan penerbangan baru bisa terjadi 4 tahun lagi atau pada 2025.

“Semoga memang berharap 2024 sudah recovery. Kalau ada larangan mudik pasti ada perubahan lagi. Itu kan sudah ada skenarionya dari yang paling optimistis hingga pesimistis. Larangan mudik ini sudah masuk hitungan, kalau setiap tahunnya ada operasi yang dihentikan sementara,” ujarnya, Kamis (22/4/2021).

Jika merujuk pada peta persaingan maskapai nasional untuk rute penerbangan domestik saat pandemi atau sepanjang 2020, nampak hanya ada dua grup maskapai yang terlihat menonjol, yakni Lion Air Group dan Garuda Indonesia Group. Kelompok maskapai yang ditulis pertama mampu mendominasi rute domestik dengan brand Lion Air.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top