Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Ilustrasi - Petugas pajak dengan melayani wajib pajak dari balik sekat kaca guna mencegah Covid-19. - Antara / Mohammad Ayudha
Premium

Historia Bisnis: Telenovela Tax Holiday

29 April 2021 | 17:41 WIB
Program libur pajak atau tax holiddi Tanah Air selalu disambut gegap gempita. Komitmen investasi super jumbo menjadi janji yang disampaikan namun dalam realisasinya bahkan sejak dahulu kala selalu bagaikan menonton drama telenovela.

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Koordinasi Penanaman Modal perusahaan yang mendapatkan libur pembayaran pajak jika melakukan investasi dalam periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo mencapai 85 penanam modal dan 82 wajib pajak. 

Total rencana investasi yang telah masuk ke kantong otoritas penanaman modal mencapai Rp1.261,2 triliun dengan penyerapan tenaga kerja hingga 107.357 orang.

Sayangnya, investasi yang telah terealisasi sampai dengan 11 Oktober 2020 hanya tiga penanaman modal dan tiga wajib pajak. Nilai yang dicatatkan pun sangat cekak, yakni Rp27,15 triliun dengan serapan tenaga kerja hanya 345 orang.

Debat soal tax holiday ini bukan kali pertama terjadi di Tanah Air. Bisnis Indonesia edisi 29 April 2002 merangkum fenomena serupa dan menerbitkannya dalam tajuk 'Menonton Telenovela Tax Holiday'.

Saat itu, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) kembali menyatakan pihaknya menerapkan kebijakan tax holiday untuk memberikan insentif berupa pembebesan masa pajak kepada para investor asing yang berminat masuk ke Indonesia. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top