Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau jalan tol Trans Sumatra di sela-sela peresmiannya, di Deli Serdang, Sumatra Utara, Jumat (13/10). Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Trans Sumatra ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,72 km dan Medan-Binjai sepanjang 10,6 km yang telah siap dioperasikan. - ANTARA/Septianda Perdana
Premium

Divestasi Tol WSKT-PTPP, CVC Capital, & Serbuan Investor dari Hong Kong

26 April 2021 | 09:20 WIB
Investor dengan badan hukum Hong Kong beramai-ramai berburu jalan tol di Tanah Air. Membantu BUMN yang sedang dalam impitan utang?

Bisnis.com, JAKARTA - Raksasa investasi CVC Capital perlahan namanya tidak lagi banyak disebut media setelah keluar dari PT Matahari Department Store Tbk. (LPPF) pada  2016.

Dalam lama perusahaan, divestasi LPPF menjadi kisah kesuksesan yang dicatatkan untuk Asia. Masuk sebagai investor dengan investasi US$892 juta pada 2010, CVC Capital meraih 90,76 persen saham LPPF dari MPPA. Tak lama, Firma di bawah hukum Grand Duchy Luxembourg itu melakukan serangkaian divestasi sejak 2013 dan membawa keuntungan berlipat-lipat. 

Sebagai gambaran, CVC mengakuisisi LPPF dengan harga Rp7,16 triliun atau setara Rp2,705 per lembar saham. Saat kepemilikan terakhir pada 2016, perusahaan keluar dengan harga LPPF Rp17.250 per lembar.  

Nama CVC kembali disebut saat perusahaan pembalut wanita PT Softex Indonesia menyatakan minatnya untuk IPO. Pasalnya perusahaan ini juga disokong oleh CVC. Rencana IPO ini perlahan redup setelah  Kimberly-Clark Corporation, perusahaan perlengkapan dan perawatan pribadi dari Amerika Serikat mengumumkan akan mengambil alih Softex dengan nilai US$1,2 miliar atau setara S$17,64 triliun pada September 2020 lalu. 

Sedangkan dalam laman perusahaan, CVC Capital menyisakan investasinya di Indonesia terdiri dari Garuda Food (GOOD), Link Net (LINK), Map Aktif Adiperkasa (MAPI), Siloam International Hospitals (SILO), dan SOHO Global Health (SOHO). 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top