Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan pabrik Polyethylene (PE) baru berkapasitas 400.000 ton per tahun di kompleks petrokimia terpadu PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. (CAP), Cilegon, Banten, Selasa, (18/6/2019). - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya
Premium

Indeks Manufaktur Indonesia Tembus Rekor Satu Dekade, Bagaimana di Asean?

01 April 2021 | 08:35 WIB
PMI Indonesia mencatatkan rekor tertinggi dalam 1 dekade. Sinyal positif untuk market?

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil survei Indeks Manufaktur Indonesia atau Purchasing Managers’ Index™ (PMI™) yang dilakukan IHS Markit mencatatkan rekor tertinggi dalam 1 dekade terakhir.

Survei bulanan itu mencatatkan manajer pembelian di Indonesia tengah meningkatkan produksi sehingga melambungkan keyakinan akan prospek ekonomi di Tanah Air.

IHS Markit mencatat PMI Indonesia pada Maret 2021 mencapai 53,2 dari sebelumnya 50,9.

"PMI manufaktur Indonesia mencatat posisi tertinggi dalam satu dekade pengumpulan data selama Maret [2021] di tengah-tengah percepatan paling tajam pada tingkat pertumbuhan output [produksi] dan permintaan baru," tulis Andrew Harker, Direktur EkonomiIHS Markit dalam rilisnya, Selasa (1/4/2021).

Meski begitu, menurut lembaga think tank yang baru saja mengumumkan merger startegis dengan S&P Global itu, kenaikan biaya bahan baku dan gangguan rantai pasokan mendorong inflasi yang pada akhirnya membuat munculnya beban kenaikan biaya bahan baku.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top