Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Sejumlah tenaga kesehatan mendapatkan vaksinasi dosis pertama vaksin Covid-19 Sinovac di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (4/2/2021). - Antara\\r\\n
Premium

Karpet Merah untuk Vaksin Gotong Royong, Gratis Tapi Rasa Bayar

27 Februari 2021 | 09:59 WIB
Keterlibatan swasta dalam vaksinasi penduduk dinilai bakal mendorong efisiensi dalam penyaluran vaksin. Program vaksinasi mandiri pun krusial untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi.

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah akhirnya memberikan lampu hijau terhadap rencana importasi vaksin Covid-19 sebagai bagian dari program vaksinasi gotong royong dengan melibatkan swasta.

Dukungan ini tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan No. 10/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19 yang ditandatangani oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

“Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) dilakukan melalui Vaksinasi Program atau Vaksinasi Gotong Royong,” demikian bunyi ayat (3) Pasal 3 regulasi yang diundangkan pada Kamis (25/2/2021) tersebut.

Pelaksanaan vaksinasi Gotong Royong sendiri karyawan/karyawati, keluarga dan individu lain terkait dalam keluarga sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 1. Pendanaan vaksinasi ini ditanggung atau dibebankan pada badan hukum/badan usaha penyelenggara.

Pasal 3 ayat (4) lantas mempertegas bahwa vaksinasi ini bersifat gratis. Penerima vaksin dalam pelayanan Vaksinasi Program sebagaimana dimaksud pada ayat (3) tidak dipungut bayaran atau gratis. Selain itu, jenis vaksin Covid-19 yang diberikan melalui Vaksin Gotong Royong pun harus berbeda dengan jenis vaksin Covid-19 yang digunakan untuk program vaksinasi yang murni pendanaannya dari pemerintah.

“Berdasarkan komunikasi dengan Kementerian BUMN dan Kementerian Kesehatan, ada permintaan untuk kembali membuka pendaftaran memang demand untuk ikut serta tinggi,” kata Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani kepada Bisnis.com, Jumat (26/2/2021).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top