Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Presiden Joko Widodo (tengah) memperkenalkan jajaran lengkap SWF Indonesia di Istana Negara, Selasa (16/2/2021). - Dok. Setpres
Premium

Antrean Calon Mitra SWF INA, Nomor 1 dan 3 Dunia Siap Masuk

25 Februari 2021 | 17:37 WIB
Indonesia Investment Authority (INA) tengah mempercepat penuntasan roadmap. Nama calon mitra potensial telah dikantongi.

Bisnis.com, JAKARTA – Terbentuknya struktur dewan direksi dan pengawas sovereign wealth fund (SWF) Indonesia, Indonesia Investment Authority (INA), menandai dimulainya upaya pemerintah menggaet investasi tambahan terutama dari pemodal asing.

Sepekan lebih bekerja, salah satu anggota dewan pengawas Darwin Cyril Noerhadi menyampaikan progress terkini INA. Menurutnya, lembaga pengelola investasi (LPI) Indonesia itu sedang berupaya mempercepat penuntasan roadmap atau peta jalan.

Cyril memastikan komitmen INA untuk tetap menempuh dua jenis skema pendanaan yakni master fund dan thematic fund sebagaimana dimandatkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Dua skema tersebut diyakini INA dan pemerintah punya potensi yang sama besarnya.

Master fund misalnya, merupakan skema pendanaan dengan pembentukan sebuah entitas kemitraan baru. Skema ini akan ditempuh untuk kerja sama investasi INA dengan mitra-mitra yang berpredikat sesama SWF atau lembaga yang terafiliasi dengan pemerintah negara lain.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top