Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Dirjen wanita pertama di WTO Ngozi Okonjo-Iwaela - Bloomberg
Premium

Menanti Manuver Si Pembuat Masalah di WTO

17 Februari 2021 | 13:33 WIB
Pada Senin, (15/2), 164 anggota WTO dengan suara bulat memilih Okonjo-Iweala untuk menjabat sebagai direktur jenderal hingga 31 Agustus 2025. Kepemimpinannya digadang-gadang tak akan mudah dengan sejumlah masalah dihadapi WTO.

Bisnis.com, JAKARTA - Ngozi Okonjo-Iweala boleh berbangga menjadi perempuan dan orang Afrika pertama yang menjabat Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization (WTO).

Namun, pengalamannya sebagai Menteri Keuangan Nigeria dan 25 tahun karir di Bank Dunia akan segera dipertaruhkan pada sederet pekerjaan rumah WTO begitu menjabat mulai 1 Maret mendatang.

Selama pertemuan virtual pada Senin, (15/2), 164 anggota WTO dengan suara bulat memilih Okonjo-Iweala untuk menjalani masa jabatan empat tahun sebagai direktur jenderal hingga 31 Agustus 2025.

Pertemuan itu sekaligus meresmikan kepemimpinan Okonjo-Iweala yang dimulai pada saat genting bagi ekonomi dunia. Selain itu, organisasi itu sendiri memiliki sejumlah pekerjaan rumah untuk mengembalikan kepercayaan anggota dan keluar dari keadaan disfungsi yang menjeratnya.

Belum mengambil alih kantor pusat WTO, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu telah merasakan tekanan dari pemilihan bersejarahnya untuk memimpin badan yang menjadi wasit perdagangan dunia itu.

"Organisasi ini menghadapi banyak sekali tantangan tetapi bekerja bersama, kita dapat secara kolektif membuat WTO lebih kuat, lebih gesit dan lebih baik dalam beradaptasi dengan kenyataan saat ini," katanya dalam pidato setelah pengangkatan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top