Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Foto udara kawasan perumahan di Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat./Bisnis.com - Abdullah Azzam
Premium

Pencarian Rumah Naik saat Pandemi, Wilayah Favorit Tetap Terjaga

16 Februari 2021 | 18:54 WIB
tren properti di sejumlah wilayah favorit masih tetap terjaga. Jawa Barat dan Banten tetap menunjukkan kenaikan harga properti, terutama di Depok, Bekasi, Cikarang serta Tangerang. Hal lain yang dapat menjaga optimisme pasar properti pada 2021 adalah masih tingginya pencarian properti secara tahunan dengan tren meningkat.

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 yang belum usai berdampak pada tren pencarian properti. Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan pencarian properti di Rumah.com pada kuartal IV 2020 turun 14 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya (qtq).

Namun, menurut dia, secara tahunan (yoy), pencarian properti di Rumah.com masih meningkat hingga dua kali lipat.

Marine mengutarakan turunnya tren pencarian properti pada wilayah-wilayah di Jabodetabek memang erat kaitannya dengan siklus properti tahunan dengan kuartal IV merupakan masa permintaan properti memang rendah akibat banyaknya pengeluaran orang akhir tahun terkait kebutuhan belanja konsumtif dan liburan.

"Apalagi pandemi Covid-19 juga belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir, sehingga orang juga menahan diri untuk pengeluaran besar," ujarnya melalui keterangan tertulis pada Selasa (16/2/2021).

Dampak pandemi Covid-19 juga terlihat dalam Rumah.com Consumer Sentiment Study H1 2021 dengan setiap satu dari dua responden mengaku menunda rencana pembelian properti pada masa pandemi ini.

Salah satu penyebab responden menunda pembelian propertinya adalah karena mereka merasa kesulitan untuk datang langsung ke lokasi properti. Mereka juga menghindari zona merah Covid-19.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top