Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyaksikan proses produksi PT Mayora Indah Tbk saat melakukan kunjungan kerja di Tangerang, Banten, 18 September 2020.  - Kemenperin
Premium

Pandemi Tak Halangi Roda-roda Pabrik Tetap Berputar

04 Februari 2021 | 11:41 WIB
Industri manufaktur tak luput dari sejumlah catatan suram akibat pandemi Covid-19 yang dimulai pada periode Maret 2020 di Tanah Air. Meski demikian kinerja pabrikan sekuat mungkin telah dijaga oleh pemerintah dan pelaku industri kendati tak bisa sepenuhya berjalan seperti masa normal.

Bisnis.com, JAKARTA - Industri manufaktur tak luput dari sejumlah catatan suram akibat pandemi Covid-19 sejak Maret 2020. Meski demikian, kinerja pabrikan sekuat mungkin telah dijaga oleh pemerintah dan pelaku industri kendati tak bisa sepenuhya berjalan seperti masa normal.

Sejumlah pelajaran penting pun seharusnya dapat dijadikan acuan dalam melangkah lebih maju dan berdaya saing ke depan. Harapannya, ketika badai menerpa lagi dalam masa depan industri setidaknya masih menyisakan cerita manis bagi perekonomian nasional.

Sepanjang tahun lalu, pemerintah mencatat penurunan daya beli di sektor industri pariwisata dan manufaktur mencapai Rp374,4 triliun.

Hal itu terjadi lantaran terjadi penurunan utilisasi industri manufaktur secara keseluruhan dari yang sebelumnya mencapai 76,3 persen sebelum pandemi, menjadi hanya 55,3 persen sepanjang Januari hingga September 2020.

Selanjutnya pada Desember 2020, dengan adanya indikasi peningkatan daya beli masyarakat dengan meningkatnya utilisasi industri manufaktur menjadi lebih dari 60 persen.

Kementerian Perindustrian secara rinci mendata 23 sektor industri kompak mengalami penurunan utilisasi. Mulai dari industri makanan yang hanya turun sekitar 8 persen atau dari 78,2 persen sebelum pandemi menjadi 70 persen saat pandemi hingga industri peralatan listrik dan mesin yang harus kehilangan separuh utilisasinya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top