Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Presiden Joko Widodo (tiga kanan) didampingi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia (tiga kiri), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (kiri), Bupati Batang Wihaji (empat kiri) dan jajaran menteri lainnya berbincang saat peninjauan Kawasan Industri Terpadu Batang dan Relokasi Investasi Asing ke Indonesia di Kedawung, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa (30/6/2020).  - ANTARA
Premium

Susul Tesla dan BASF, Tiga Raksasa Dunia Merapat Ke Indonesia

27 Januari 2021 | 16:57 WIB
Selain Tesla Inc. dan BASF, Indonesia juga kedatangan investasi dari tiga raksasa dunia, di mana salah satunya merupakan produsen kaca untuk industri otomotif dari Korea Selatan (Korsel).

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia berhasil meraup realisasi investasi Rp826,3 triliun pada 2020 atau tumbuh 2,1 persen year on year (yoy).

Adapun, berdasarkan laporan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) realisasi investasi ini mencapai 101,1 persen dari target tahun 2020 yang dipatok sebesar Rp817,2 triliun.

Dari total realisasi ini, penanaman modal asing (PMA) mengalami penurunan sebesar 2,4 persen sebesar Rp412,8 triliun atau mencapai 49,9 persen dari total investasi 2020.

Sementara itu, penanaman modal dalam negeri (PMDN) mencapai Rp413,5 triliun, naik 7 persen dari tahun sebelumnya. Total PMDN ini mencapai 50,1 persen dari total investasi sepanjang 2020. 

Namun, kini Presiden Joko Widodo mematok target realisasi investasi menjadi Rp900 triliun pada tahun ini. Nilai yang cukup tinggi lantaran lebih tinggi dibandingkan dengan target yang disampaikan BKPM Rp886 triliun dan target dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Rp855,8 triliun.

Kondisi itu menjadi tantangan tersendiri bagi Bahlil Lahadalia dan kawan-kawan lantaran pandemi Covid-19 diperkirakan  masih membayangi perekonomian dunia tahun ini.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top