Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pendiri SpaceX dan CEO Tesla Inc. Elon Musk  -  Bloomberg
Premium

Mengintip 'Kisah Cinta' antara Bos Tesla Elon Musk dan China

27 Januari 2021 | 20:21 WIB
Ketika semua deru mesin sejumlah pabrik tak terdengar pasca lockdown akibat Covid-19, Tesla ternyata melaju kencang. Dukungan Beijing untuk pabrikan mobil listrik ini sangat istimewa. Tak heran, dunia bertanya-tanya, ada apa dengan Tesla dan China?

Bisnis.com, JAKARTA - Aktivitas ekonomi China sepenuhnya padam pada masa-masa awal pandemi. Pabrik-pabrik diperintahkan tutup, transportasi terhenti, dan pekerja tak diizinkan masuk kerja.

Namun, pemandangan yang sama sekali kontras tampak di Giga Shanghai, pabrik milik Tesla Inc, pada 10 Februari 2020. Berada di dataran berawa di pinggiran kota terbesar di China, ribuan pekerja kembali ke fasilitas perakitan.

Bahkan, pemerintah China menyediakan bus khusus untuk mengangkut ribuan pekerja itu dari asrama mereka, tujuannya agar tak bersentuhan dengan masyarakat setempat.

Para pekerja itu juga dipersenjatai masker N95. Tidak seperti banyak bisnis pada umumnya, pemerintah memberi Tesla pengecualian dengan menyediakan pasokan alat medis yang cukup untuk mendukung pabrik tetap beroperasi.

Kondisi kontras dialami Toyota Motor Corp, Volkswagen AG, dan produsen mobil asing lainnya. Mereka masih tidak dapat membuka kembali sepenuhnya, sedangkan Tesla di Shanghai - pada minggu pertama pembukaan operasi - telah merakit sekitar 1.000 mobil. Pada Maret 2020 jumlah itu naik menjadi 3.000 seminggu, tingkat yang lebih tinggi daripada sebelum penutupan.

Menurut orang-orang yang mengetahui percakapan tersebut, Tesla tidak hanya mendapatkan lampu hijau dari pemerintah China untuk kembali bekerja, tetapi juga memiliki pengawalan polisi yang siap sedia. Melihat gambaran itu saja, jelas sudah bahwa Tesla menikmati posisi sebagai anak emas di Negeri Tirai Bambu.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top