Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Seorang pasien menunjukkan kartu vaksinasi Covid-19 saat simulasi pemberian vaksin Covid-19 Sinovac di Puskesmas Kelurahan Cilincing I, Jakarta, Selasa (12/1/2021). ANTARA FOTO - Muhammad Adimaja
Premium

Berebut Suplai Vaksin di Tengah Politik Barat dan Timur

15 Januari 2021 | 00:19 WIB
Sejumlah negara, termasuk Indonesia, harus berhitung dengan cermat dalam menerapkan strategi demi meyakinkan masyarakat mengenai kemanjuran dan keamanan vaksin dalam hiruk pikuk politik vaksin Covid-19.

Bisnis.com, JAKARTA – Siapa yang menyangka negara-negara di dunia masih harus berebut memesan vaksin Covid-19 di tengah tekanan pandemi terhadap ekonomi dan kesehatan masyarakat.

Tak hanya itu, sejumlah negara tersebut, termasuk Indonesia, harus berhitung dengan cermat dalam menerapkan strategi demi meyakinkan masyarakat mengenai kemanjuran dan keamanan vaksin dalam hiruk pikuk politik vaksin Covid-19.

Vaksin tidak lagi dimaknai sebagai game changer dalam upaya menghentikan pandemi Covid-19 di dunia, tetapi juga merupakan ajang menunjukkan kekuatan bagi Asia dan negara barat sebagai produsen vaksin Covid-19.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi mengatakan terdapat 4 jenis vaksin yang masih dan diupayakan kedatangannya, antara lain CoronaVac dari Sinovac (140 juta dosis), Novavac (50 juta dosis), AstraZaneca (50 juta dosis), dan Pfizer (50 juta dosis).

Dari semua jenis vaksin, baru CoronaVac yang tiba di Tanah Air dengan jumlah 3 juta dalam bentuk jadi dan 15 juta dalam bentuk bahan baku. Sementara Novavac, ditargetkan tiba pada Juni 2021, serta Pfizer dan AstraZaneca diestimasikan datang pada April 2021. Selain itu, ada potensi 54-108 juta dosis vaksin gratis dari GAVI.

Besarnya jumlah dosis vaksin yang diperlukan untuk mencapai herd immunity hingga 70 persen menuntut pemerintah untuk lebih gesit dan tangkas dalam melakukan negosiasi dengan penyedia vaksin Covid-19 selain Sinovac.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top