Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Petugas medis dr Yenny (kiri) melakukan simulasi vaksinasi Covid-19 Sinovac kepada warga penerima vaksin di Puskesmas Kampung Bali, Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (8/1/2021). Simulasi itu dilakukan untuk memastikan kesiapan yang dimulai dari alur proses vaksinasi, kesiapan tenaga medis, observasi dan penerapan protokol kesehatan di puskesmas. - Antara
Premium

Efikasi Vaksin Sinovac, Jokowi & Jalan Terjal Mengakhiri Pandemi

13 Januari 2021 | 07:50 WIB
Presiden Joko Widodo dijadwalkan menerima vaksin Covid-19 dari Sinovac pagi ini, Rabu (13/1/2021) yang disiarkan melalui kanal media sosial sekretariat negara. Dibutuhkan 100 persen penduduk untuk menerima vaksin guna mencapai herd immunity.

Bisnis.com, JAKARTA – Upaya dapat segera mengakhiri pandemi Covid-19 di Tanah Air masih membutuhkan jalan yang sangat panjang. Dengan efikasi vaksin Sinovac sebesar 65,3 persen, maka dibutuhkan 100 persen penduduk di Indonesia tervaksin untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity.

Presiden Joko Widodo pagi ini, Rabu (13/1/2021) telah dijadwalkan untuk menerima vaksin Sinovac. Kegiatan ini juga diikuti oleh kepala daerah, pejabat publik, tenaga kesehatan, tokoh masyarakat hingga tokoh agama. Acara akan dilangsungkan serentak di seluruh wilayah yang telah menerima vaksin di Tanah Air. Meski begitu, vaksin yang dilakukan ini belum akan mengakhiri pandemi dalam waktu dekat.

Guru Besar Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Hasbullah Thabrany menuturkan kenyataan temuan tim penguji vaksin Sinovac bahwa efikasi sebesar 65,3 persen adalah dalam kondisi ideal. Artinya, keadaan tercipta dengan pengamatan penuh baik atas vaksin maupun relawan.

"Memang cukup mengejutkan hasil trial klinik Sinovac [menghasilkan] 65 persen efikasi. Jangan salah, itu hanya efikasi artinya efektivitas dalam kondisi ideal," kata Hasbullah, Selasa (13/1/2021).

Efikasi 65,3 persen artinya dari 100 orang yang mendapatkan vaksin, idealnya 65 orang membentuk anti bodi menangkal virus corona. Meski begitu, jika 100 orang tidak di vaksin, maka seluruhnya akan terpapar Covid-19.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top