Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Suasana objek wisata Tanah Lot di Kabupaten Tabanan, Bali. Pemulihan bisnis perhotelan sangat tergantung pada perkembangan bisnis pariwisata. - Antara
Premium

Bisnis Perhotelan Babak Belur Dihajar Covid, Prospek 2021 Tak Menentu

08 Januari 2021 | 14:32 WIB
Bisnis perhotelan terpuruk sepanjang tahun lalu akibat tertekan pandemi Covid-19. Pada tahun ini bisnis perhotelan masih belum dapat diprediksi dan sangat tergantung pada perkembangan pariwisata yang tergantung pula pada penanganan pandemi corona terutama pengaruh vaksinasi.

Bisnis.com, JAKARTA – Bisnis perhotelan di Jakarta dan Surabaya serta daerah lainnya babak belur sepanjang 2020.

Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia Ferry Salanto mengatakan pandemi Covid-19 yang belum usai dan adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sepanjang tahun lalu berdampak pada kinerja perhotelan.

"Pada awal pandemi, kinerja hotel turun drastis, bahkan ada beberapa hotel yang menutup operasinya. Saat ini kondisi hotel belum pulih meskipun sudah mulai ada kegiatan," ujarnya pada Rabu (6/1/2021).

Untuk menekan biaya operasional, para pengelola hotel menempuh berbagai cara dari mengoperasikan hanya sebagian gedungnya, menutup beberapa fasilitas, hingga merumahkan karyawan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top