Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Satu unit Pesawat Batavia yang akan menuju Tanjungpinang-Jakarta tertahan di Bandara akibat amblasnya aspal di landasan pesawat di Bandara Raja Haji Fisabilillah, Tanjungpinang. - Antara
Premium

Historia Bisnis: Bangun & Jatuh Batavia Air Pada Januari Kelabu

04 Januari 2021 | 23:36 WIB
Konsep maskapai penerbangan low cost carrier meski menjangkau lebih banyak penumpang membutuhkan kepiawaian direksi untuk dapat bertahan.

Bisnis.com, JAKARTA - Industri penerbangan Tanah Air pernah menjadi sektor yang menarik perhatian publik karena banyaknya maskapai baru yang dibuka. 

Lonjakan ekonomi kelas menengah dan kesediaan penumpang menerima konsep low cost carrier membuat sejumlah pengusaha maupun politisi hingga presiden dan keluarganya memutuskan untuk terjun dalam bisnis ini. Meski begitu hingga saat ini tak banyak maskapai yang tersisa. Yang tersisa juga laporan keuangannya penuh beban jangka panjang yang harus diselesaikan. 

Salah satu maskapai yang ada di Tanah Air adalah Batavia Air. Maskapai yang dibangun oleh keluarga Yudiawan Tansari ini memulai penerbangan perdana pada Januari 2002. 

Bisnis Indonesia edisi 4 Januari 2002 merekam proses persiapan peluncuran maskapai itu dengan judul tulisan yang diturunkan 'Batavia Air Beroperasi Sabtu". 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top