Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Presiden Soeharto (Peci) dan Wakil Presiden Tri Soetrisni dalam Pembukaan Sea Games XIX Jakarta. - Youtube Sembilani Sepuluhi
Premium

Historia Bisnis: Tim Radius - Anthony Salim Cs. untuk Atasi Krisis Ekonomi

24 Desember 2020 | 17:41 WIB
Pemerintah menunjuk Radius Prawiro dibantu Anthony Salim, The Ning King dan Rachmat Gobel untuk menjadi perpanjangan tangan presiden menemukan jalan keluar atas utang swasta sehingga menghindari Indonesia jatuh ke dalam krisis ekonomi yang lebih dalam. 

Bisnis.com, JAKARTA - Pembentukan tim lingkaran presiden di luar kementerian teknis dipercaya mampu menembus birokrasi di saat negara sedang menghadapi krisis ekonomi. 

Atas keyakinan itu, Presiden Soeharto mengangkat Radius Prawiro, Mantan Gubernur Bank Indonesia dan Mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, Industri dan Pengawasan Pembangunan Indonesia  menjadi ketua tim taktis itu guna menghadapi tekanan krisis ekonomi yang makin mengguncang di ujung 1997. 

Presiden juga menunjuk Anthony Salim (Bos Grup Salim), The Ning King (Bos Agro Manunggal) dan Rachmat Gobel (Bos Grup Gobel) membantu Radius sebagai perwakilan swasta mengatasi krisis ekonomi yang makin menekan. 

Bisnis Indonesia secara berseri pada 23 dan 24 Desember 1997 menurunkan laporan mengenai polemik keberadaan tim ad hoc di bawah presiden Presiden Soeharto ini.

Disebutkan dalam laporan itu, penunjukkan Tim Radius sebagai kepanjangan tangan Presiden dilakukan di hadapan para konglomerat Tanah Air. Tim ini mengambil alih peran Kadin yang dipimpin oleh Aburizal Bakrie untuk menyelesaikan utang jangka pendek perusahaan swasta yang membengkak akibat merosotnya nilai tukar. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top