Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Menko Maritim dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih. - Dok. Menko Marvest
Premium

Luhut Bawa Investasi Rp28 T dari Negeri Trump, Sektor Ini Paling Potensial Dibiayai

24 November 2020 | 14:24 WIB
Kementerian Koordinator bidang Maritim dan Investasi di bawah Luhut Binsar Panjaitan mengumumkan lembaga investasi milik pemerintah AS siap berinvestasi senilai Rp28 triliun melalui SWF Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA – Kunjungan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ke Amerika Serikat (AS), Kamis (19/11/2020) menghembuskan kabar baik untuk SWF Indonesia.

United States International Development Finance Corporation (DFC, salah satu pengelola Sovereign Wealth Fund (SWF) milik pemerintah AS berjanji akan datang menanamkan modal ke dalam negeri.

DFC merupakan satu dari 12 SWF yang dimiliki Negeri Paman Sam. Rencananya, investasi yang bakal dikucurkan lembaga tersebut ke Indonesia  dilakukan lewat SWF Indonesia yang akan dibentuk pemerintah berdasarkan mandat Undang-Undang Cipta Kerja.

“Kerja sama ini akan memperkuat hubungan ekonomi antara AS dan Indonesia,” kata CEO DFC Adam Boehler dalam pernyataan resminya.

SWF adalah lembaga negara yang ditugaskan untuk mengelola surplus neraca dagang atau kekayaan negara yang dipisahkan. Lembaga ini ditugaskan untuk menjadi jembatan investasi pemerintah. IMF menyebutkan bahwa biasanya SWF ditujukan untuk ekspansi ke pasar global menguasai aset-aset asing untuk tujuan jangka panjang.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top