Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Aktivitas pengisian truk tangki untuk distribusi bahan bakar minyak (BBM) di Depo BBM Pertamina di Plumpang, Jakarta, Senin (4/5/2020). - Bisnis/Dedi Gunawan
Premium

Kabar Premium Dihapus Muncul Lagi, Bagaimana Kinerja Pertamina Nantinya?

19 November 2020 | 09:42 WIB
Kabar mengenai penghapusan BBM jenis Premium kembali berembus. Di tengah berbagai tekanan global dan dalam negeri, bagaimana jadinya kinerja Pertamina jika rencana ini terealisasi segera?

Bisnis.com, JAKARTA — Seperti kaset rusak yang terus menerus diputar, kabar bakal dihapusnya subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) kembali muncul jelang pergantian tahun. Kali ini, pemicunya adalah pernyataan Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK) Karliansyah.

Dalam sebuah pernyataan pada Jumat (13/11/2020), Karliansyah mengatakan penghapusan tepatnya akan dilakukan terhadap BBM jenis Premium. Regulasi ini rencananya akan berlaku di wilayah Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) per 1 Januari 2021.

“Syukur alhamdulillah pada Senin lalu saya bertemu dengan Direktur Operasional Pertamina, beliau menyampaikan per 1 Januari 2021 Premium di Jamali khususnya akan dihilangkan,” tuturnya.

Seruan itu langsung ditanggapi dukungan nyaring oleh Parlemen. Wakil Ketua Komisi VII DPR Eddy Soeparno misalnya, menyambut positif wacana tersebut karena menilainya sesuai dengan visi energi ramah lingkungan yang digaungkan pemerintah.

“Sebagai pimpinan Komisi VII, kami menyambut positif rencana menghapus premium karena memang perlu ada peningkatan kualitas bahan bakar kita agar sesuai program Blue Sky,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Bisnis, Selasa (17/11).

Namun, rupanya pernyataan Karliansyah itu masih perlu dipertanggungjawabkan lagi. Pasalnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) selaku pembuat kebijakan soal BBM justru belum berani memvalidasi wacana tersebut.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top