Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Kapal memuat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok. - Antara / Fanny Octavianus
Premium

Tren Surplus Neraca Dagang Berlanjut, Ekonomi RI Sudah Sehat?

16 November 2020 | 18:38 WIB
Indonesia berhasil mempertahankan tren surplus neraca perdagangan yang terjadi sejak Mei 2020. Namun apakah tren surplus neraca perdagangan tersebut sudah mencerminkan perekonomian RI mulai pulih?

Bisnis.com, JAKARTA – Surplus neraca perdagangan Indonesia kembali terjadi pada Oktober 2020. Capaian ini membuat RI berhasil memperpanjang catatan positifnya tersebut sejak Mei lalu.  

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Oktober 2020 mengalami surplus sebesar US$3,61 miliar, lebih tinggi dari sebelumnya US$2,39 miliar pada September 2020.

Tren surplus neraca perdagangan selama enam bulan berturut-turut ini menjadi yang terbaik setidaknya dalam tiga tahun terakhir.

Adapun, nilai ini diperoleh dari posisi nilai ekspor US$14,39 miliar, lebih tinggi dibandingkan impor yang mencapai US$10,78 miliar selama Oktober 2020. 

Kinerja ekspor Indonesia pun mencetak rekor tertinggi sepanjang tahun ini, Nilai ekspor pada Oktober ini lebih besar dibandingkan capaian pada Maret yang sebelumnya memegang rekor dengan nilai US$14,07 miliar. 

Kenaikan ekspor terjadi hampir di seluruh sektor kecuali pada migas yang turun 5,94 persen dibandingkan dengan September 2020. Sektor pertambangan dan lainnya mengalami kenaikan bulanan terbesar yakni 16,98 persen secara bulanan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top