Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cegah Penumpukan Arus Balik, Masyarakat Diminta Pulang Liburan Lebih Dini

Puncak arus balik diprediksi terjadi pada 1 November 2020.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 29 Oktober 2020  |  17:45 WIB
Sejumlah kendaraan melaju di jalan tol Jakarta - Cikampek (Japek) KM 47, Karawang, Jawa Barat, Rabu (28/10/2020). PT Jasa Marga mencatat peningkatan lalu lintas tol Jakarta-Cikampek hingga 51,6 persen dibandingkan arus lalulintas normal atau mencapai 73.201 kendaraan meninggalkan Jakarta. ANTARA FOTO - M Ibnu Chazar
Sejumlah kendaraan melaju di jalan tol Jakarta - Cikampek (Japek) KM 47, Karawang, Jawa Barat, Rabu (28/10/2020). PT Jasa Marga mencatat peningkatan lalu lintas tol Jakarta-Cikampek hingga 51,6 persen dibandingkan arus lalulintas normal atau mencapai 73.201 kendaraan meninggalkan Jakarta. ANTARA FOTO - M Ibnu Chazar

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan meminta kepada masyarakat untuk bisa kembali lebih dini karena puncak arus balik diprediksi terjadi pada 1 November 2020.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pada periode libur panjang akhir pekan ini tingkat kepadatan pengguna moda transportasi umum akan melebihi dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Menurutnya sesuai pesan Presiden agar libur panjang ini bisa berlangsung dengan selamat, aman, nyaman, dan sehat dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 usai libur panjang.

“Untuk itu seyogyanya jangan pulang bersama-sama 1 November, karena akan penuh sekali. Saya harapkan ada yang bisa pulang lebih awal,” ujarnya, Kamis (29/10/2020).

Selama melakukan peninjauan, Budi berpendapat di Stasiun dan terminal telah menyediakan fasilitas seperti penyediaan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan hand sanitizer, pengaturan jarak tempat duduk, dan informasi terkait kewajiban memakai masker.

Diharapkan, dengan tersedianya fasilitas tersebut, dapat menambah kepercayaan masyarakat untuk menggunakan transportasi publik.

“Kami berkoordinasi dengan Dishub dan Polisi, untuk melakukan random check terhadap penerapan protokol pada transportasi massal maupun kendaraan pribadi. Kalau mobil pribadi dicek apakah mereka menggunakan masker atau tidak," tekannya.

Menjelang Libur Panjang Akhir Oktober ini, Kemenhub juga telah melakukan sejumlah upaya antisipasi adanya kenaikan jumlah penumpang dan kendaraan. Antisipasi dilakukan agar tidak terjadi kembali peningkatan laju penularan Covid-19.

Kemenhub telah memetakan 3 titik yang diprediksi akan mengalami kepadatan yaitu di Tol Arah ke Timur, Penyeberangan Merak-Bakauheni, dan di Bandara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub lalu lintas Liburan puncak arus mudik
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top