Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyapa anggota DPR saat mengahadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Jakarta, Jumat (14/8/2020). - Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr
Premium

1 Tahun Jokowi-Ma’ruf : Apa Kabar Realisasi 5 Program Prioritas Ekonomi?

19 Oktober 2020 | 18:56 WIB
Ketika diangkat sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia hingga 2024, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin menyampaikan lima program prioritas ekonomi. Bagaimana realisasinya sekarang?

Bisnis.com, JAKARTA – Setahun lalu, tepatnya 20 Oktober 2019, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin resmi menjabat sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia untuk periode 2019-2024. Dalam pidato pelantikannya, pasangan yang terpilih mengalahkan duet Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno ini menjanjikan langkah lepas landas dari potensi middle-income trap alias jebakan negara berkembang sebagai tujuan utama.

Jokowi menargetkan Indonesia mampu meraih predikat negara maju selambat-lambatnya pada 2045, momen yang disebutnya sebagai titik puncak bonus demografi. Dan, untuk menuju ke sana, dia menjanjikan lima strategi ekonomi yang akan mulai diaplikasikan hingga 2024.

Kelima strategi tersebut yakni pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi, serta transformasi ekonomi.

Setahun telah berlalu sejak janji itu terlontar dari mulut presiden. Bagaimana progresnya sejauh ini?

Terkait pembangunan SDM, indikator yang tepat untuk mengukur progres kabinet Jokowi adalah Indeks SDM alias Human Capital Index (HCI) dan Human Development Index (HDI).

HCI merupakan salah satu program Bank Dunia yang didesain untuk menjelaskan bagaimana kondisi kesehatan dan pendidikan dapat mendukung produktivitas generasi yang akan datang.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top