Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Produk-produk Aqua. - Dok. Aqua
Premium

Historia Bisnis : Kisah Dominasi Aqua di Pasar Air Minum Meski Angkat Kaki dari Bursa

11 Oktober 2020 | 18:09 WIB
Aqua seringkali menjadi rujukan bagi masyarakat Indonesia atas produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Namun, dominasi di pasar tak diraih merek ini dengan mudah.

Bisnis.com, JAKARTA – Ada alasan mengapa sebagian orang Indonesia lebih suka menyebut Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dengan istilah Aqua. Mengacu ke merek AMDK keluaran PT Aqua Golden Mississipi (GM), Aqua acap digambarkan sebagai wujud ideal sebuah produk AMDK yang layak minum.

Dominasi Aqua memang tak perlu dipertanyakan lagi. Laporan Tempo pada 2018 menyebutkan bahwa pangsa pasar mereka di Indonesia telah mencapai 46,7 persen.

Angka ini jauh melampaui kompetitor mereka macam Le Minerale, Oasis, Club, 2 Tang, hingga Super O2 yang bahkan masih kesulitan untuk sekadar mecapai angka pangsa pasar 5 persen.

Angka yang diraup Aqua makin tak main-main jika ditarik ke fakta bahwa kompetisi sebenarnya tidak mudah. Saat ini, jumlah perusahaan yang bersaing di sektor AMDK ditaksir sudah melebihi 500 perusahaan, baik yang skalanya kecil, menengah, hingga besar.

Pun jika ditarik ke tingginya nilai pasar industri AMDK di Indonesia. Sektor AMDK diperkirakan mengalami pertumbuhan nilai 11,1 persen setiap tahunnya. Pada 2013 saja, nilai pasar di industri ini sudah mencapai Rp22,51 triliun.

Pertumbuhan tersebut diperkirakan akan terus berlanjut mengingat masih rendahnya rata-rata konsumsi AMDK orang Indonesia yang baru mentok di angka 91,04 liter per tahun. Jauh di bawah konsumsi Thailand yang bisa mencapai 225,61 liter, Jerman dengan 143,61 liter, atau AS dengan 121,13 liter per orang per tahun.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top