Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv
Konsumen menunjukkan aplikasi belanja online Shopee melalui gawai di Jakarta, Rabu (16/9/2020). Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mulai 1 Oktober 2020 akan memberlakukan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen untuk setiap produk digital baik barang maupun jasa dari luar negeri yang dibeli melalui Shopee. - ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Lihat Foto
Premium

Ramai-ramai Tagih Pajak Digital, Perusahaan Mana Giliran Kena 1 Oktober di Indonesia?

Jumlah negara yang menerapkan pajak terhadap perusahaan-perusahaan digital asing terus bertambah. Di Indonesia, menyusul 16 perusahaan sebelumnya, ada 12 perusahaan yang mulai dikenakan pajak digital per 1 Oktober 2020.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
01 Oktober 2020 | 08:07 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Carlos Vargas, Direktur Jenderal Perpajakan Kosta Rika, marah besar. Dia memprotes keras aksi platform Over-the-Top (OTT) Netflix yang disebut-sebut berencana menerapkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 19 persen kepada seluruh pelanggan di negara Amerika Tengah itu per Oktober 2020.

Vargas mengatakan di Kosta Rika tak boleh ada perusahaan—dalam bentuk apapun—yang menagih PPN melebihi 13 persen.

“Saya tak mengerti apakah yang dimaksud Netflix benar-benar 19 persen, atau mereka salah mengetik angka. Yang bisa saya pastikan, per 1 Oktober 2020 pajak yang diminta pemerintah untuk platform semacam ini adalah 13 persen,” ujarnya seperti dilansir thecostaricanews.com, Sabtu (5/9/2020).

Di Kosta Rika, selain Netflix ada sederet platform asing lain yang juga bakal kena pajak tambahan. Aplikasi-aplikasi tersebut adalah Airbnb, Apple+, Apple Music, Dropbox, Facebook, HBO, iTunes, LinkedIn, Microsoft, Nintendo, Norton, PlayStation, Riotgames, Sky, Spotify, dan Stream Games.

Pada akhirnya, Netflix memang mengklarifikasi dan meralat angkanya jadi 13 persen. Angka 19 persen yang mereka maksud ternyata adalah tagihan tambahan untuk pengguna platform mereka di Chile, yang memang menerapkan PPN 19 persen untuk platform digital per Oktober 2020.

Kendati demikian, ribut-ribut antara otoritas pajak Kosta Rika dan Netflix membuat diskursus mengenai maraknya negara yang mulai menerapkan PPN terhadap perusahaan digital asing kembali menyeruak.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana
Berlangganan Sekarang
back to top To top