Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Seorang pekerja melintas di depan Pabrik V Pupuk Kaltim, yang merupakan anak perusahaan Pupuk Indonesia Holding Company - ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Premium

Historia Bisnis: Lewat Kresna Duta, Keluarga Soegomo Berbisnis Aromatik

26 September 2020 | 19:59 WIB
Kabar baik diterima Bambang Riyadi Soegomo, pimpinan Grup Kresna Duta, pada 26 September 1996, saat mendapat lampu hijau dari Presiden Soeharto, tepat hari ini 24 tahun silam.

Bisnis.com, JAKARTA — Bambang Riyadi Soegomo, yang ingin perusahaannya melebarkan sayap ke sektor bisnis minyak aromatik, akhirnya mendapat lampu hijau dari Presiden Soeharto.

Bambang adalah putra ketiga dari Yoga Soegomo, orang kepercayaan Soeharto, yang pernah menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Intelejen Negara (Bakin) periode Januari 1974—Juni 1989.

Yoga Soegomo adalah salah satu orang terdekat Soeharto, tetapi sekaligus salah satu karib yang pernah dijauhi Keluarga Cendana menjelang akhir-akhir masa Orde Baru gara-gara menjelang Pemilu 1988 sempat mengingatkan Soeharto untuk mundur karena sejumlah faktor, diantaranya usia dan bisnis keluarga yang menimbulkan kecemburuan.

Padahal mereka berkawan sudah sejak lama, yaitu saat Yoga menjadi asisten Tentara dan Teritorium IV Diponegoro di Semarang (kini setingkat Kodam) pada 1956 dan Soeharto, yang kala itu, menjabat sebagai Kepala Staf Panglima Tentara dan Teritorium IV Diponegoro dan kemudian diangkat sebagai pejabat Panglima Tentara dan Teritorium IV Diponegoro pada 1 Januari 1957 dengan jabatan kolonel.

Pada kasus pembajakan pesawat Woyla di Bangkok, Thailand, pada 28 Maret—1 April, Yoga juga adalah salah satu tokoh penting selain Leonardus Benyamin Moerdani.

Yoga, menurut B. Wiwoho dan Banjar Chaeruddin dalam Memori Jenderal Yoga yang diterbitkan oleh Bina Rena Pariwara pada 1990, adalah juru runding yang diutus Soeharto dan kemudian berhasil mengharumkan nama bangsa, di mana melalui peristiwa itu, Indonesia tercatat sebagai negara ke-3 yang berhasil menumpas teror pembajakan di pesawat terbang.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top