Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Ilustrasi - Perakitan di Pabrik Karoseri Anak Bangsa. Ready stock 30 unit chassis bus 12 meter.  - MAB\\r\\n
Premium

Historia Bisnis: Konglomerasi Berupaya Menyelamatkan Industri Karoseri

23 September 2020 | 17:30 WIB
Industri karoseri karoseri merupakan aset nasional yang ikut mengembangkan industri otomotif.

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah melambatnya industri otomotif, maka pelaku usaha kecil menengah yang paling menerima pukulan. Industri yang berperan dalam rantai bisnis perusahaan otomotif ini tidak memiliki pelindung jika industri utama terpukul. Akibatnya semua cara harus diambil termasuk penggabungan usaha. 

Permasalahan bagi perusahaan karoseri ini juga menjadi fokus utama para pengusaha otomotif yang tergabung dalam Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo)

Dalam Bisnis Indonesia edisi 23 September 1993, para pengusaha dalam Gaikindo akhirnya mengusulkan agar perusahaan karoseri skala kecil melakukan merger agar tetap survive, sementara organisasi itu dan Askindo sempat membentuk tim kerja yang akan membahas kesulitan industri karoseri –khusus menyangkut kebutuhan chasis dan komponen kendaraan lainnya.

Usul  itu diturunkan dalam laporan Bisnis dengan judul "Gaikindo Usulkan Karosesi Skala Kecil Bergabung". Yakni adanya pembahasan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) da n Asosiasi Pengusaha Karoseri Indonesia (Askindo).

“Pertemuan juga menyepakati pembentukan kelompok kerja kecil yang akan membahas berbagai kesulitan dalam industri karoseri,” tutur sumber Bisnis yang mengikuti pertemuan tertutup itu.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top