Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pantai Kuta di Badung, Bali, Minggu (31/5/2020) lengang akibat pandemi Covid-19./Antara - Fikri Yusuf
Premium

Pariwisata Bali Rontok, Pengembang Hotel Tunda Proyek Baru

22 September 2020 | 21:36 WIB
Pandemi Covid-19 menghantam semua sektor bisnis dan ekonomi. Begitu pula dengan pariwisata di Bali, yang berdampak langsung dengan bisnis perhotelan. Dalam kondisi demikian, pemilik atau developer yang mengharapkan penyelesaian hotel baru dipaksa menunda jadwal launching tahun ini, sementara mereka yang memiliki hotel yang telah beroperasi harus menekan biaya operasional untuk bertahan.

Bisnis.com, JAKARTA – Kinerja subsektor properti perhotelan mengalami tekanan sepanjang kuartal II/2020. Ini tak lepas darii kondisi bisnis dan perekonomian secara keseluruhan yang terhantam pandemi Covid-19.

Pada April dan Mei, okupansi hotel di Bali kurang dari 10 persen, dan average daily room rate (ADR) di bawah US$50. Ini tentu sangat menyedihkan bagi Bali yang mengandalkan pariwisata sebagai pemasukan utamanya.

Protokol baru harus diterapkan untuk tujuan wisata dan hotel, terutama terkait dengan  kebersihan, kesehatan, dan keamanan. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan untuk menginap di hotel.

Pemilik atau developer yang mengharapkan penyelesaian hotel baru disarankan untuk menunda jadwal launching tahun ini, sementara mereka yang memiliki hotel yang telah beroperasi harus menekan biaya operasional untuk bertahan sepanjang masa pandemi.

Selama kuartal I dan II 2020, setidaknya 170 hotel menutup sementara operasionalnya. Dua hotel yang sebelumnya dijadwalkan selesai pada 2020, tampaknya semuanya terlambat, sehingga tidak ada proyek hotel baru yang dibuka tahun ini.

Konsultan properti Colliers International Indonesia terus memantau kemajuan konstruksi karena jadwal penyelesaian mungkin berubah berdasarkan kondisi di lapangan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top