Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Lapangan Menzel Lejmet North (MLN) yang berada di Gurun Sahara, Aljazair, milik PT Pertamina. - Istimewa
Premium

Jalan Pintas Pertamina Menambah Stamina, Sirna di Tangan Ahok?

19 September 2020 | 08:09 WIB
Produksi dan cadangan atau reserve to production ratio minyak dan gas bumi yang dimiliki Pertamina hanya tersisa untuk 7 tahun ke depan.

Bisnis.com, JAKARTA — Hingga saat ini PT Pertamina 12 wilayah kerja minyak dan gas bumi di luar negeri yang dikelola melalui anak perusahaannya, yakni PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi.

Hampir di semua benua—kecuali Australia, telah dimasuki oleh perusahaan yang dibentuk Pertamina sejak November 2013. Ke-12 lapangan migas tersebut ada di Malaysia, Myanmar, Irak, Aljazair, Nigeria, Gabon, Namibia, Tanzania, Italia, Prancis, Kolombia, dan Kanada.

Dari 12 wilayah kerja tersebut, tiga di antaranya dimiliki oleh Pertamina, yakni ladang minyak di Aljazair, Irak, dan Malaysia. Selebihnya merupakan kerja sama dengan sejumlah perusahaan migas internasional.

Pertamina masih memiliki keinginan untuk melebarkan sayapnya di luar negeri untuk menasbihkannya menjadi salah satu pemain di sektor migas kelas dunia, di samping makin menipisnya cadangan minyak bumi di dalam negeri.

Sumber: PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top