Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Karyawan pada pabrik lensa kamera Nittoh di Bogor. - Dok. Nittoh Presisi Indonesia
Premium

Historia Bisnis: Astra Otoparts (AUTO) Divestasi Pabrik Lensa Kamera

14 September 2020 | 23:22 WIB
Pabrik lensa Astra Otoparts (AUTO) ini mulanya berkongsi dengan Nittoh Kogaku dan Mitsui. Dalam usaha patungan itu, AUTO menggenggam 51 persen saham.

Bisnis.com, JAKARTA – Konglomerasi Astra merupakan salah satu perusahaan yang lentur dalam berbisnis. Konglomerasi ini bahkan merambah hampir semua usaha yang dapat dikerjasamakan dengan membawa teknologi dari Jepang.

Atas model kerjasama Astra-Jepang ini pula, akhirnya sejumlah perusahaan asal negara Matahari Terbit meningkatkan investasinya di Indonesia dan beberapa menjadi mayoritas. Penyebabnya, konglomerasi Astra merasa tidak cocok dengan model bisnis pabrik yang sudah berjalan ataupun dikarenakan perubahan strategi bisnis.Untuk itu dilakukan pelepasan.

Atas dasar ini pula, akhirnya anak usaha Astra, PT Astra Otoparts Tbk.(AUTO) melakukan divestasi pabrik lensa optic dari kaca dan lensa kamera PT Adiwira Presisi Industri. Sebelum divestasi, AUTO memiliki saham di pabrik -yang hanya ada dua di Indonesia itu- mencapai 51 persen. Namun, AUTO kemudian melepas seluruh sahamnya atas pabrik di Bogor itu senilai Rp15,64 miliar.

Penjualan pabrik lensa optik kaca oleh AUTO ini menjadi laporan Bisnis Indonesia edisi 14 September 2002 dengan tajuk ‘Astra Otoparts Divestasi 51 Persen Saham Adiwira’.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top