Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pekerja melinting rokok sigaret kretek di salah satu industri rokok di Tulungagung, Jawa Timur, Rabu (31/5). - Antara/Destyan Sujarwoko
Premium

Industri Rokok, Ditekan Pandemi Ditimpa Kenaikan Cukai Pula

10 September 2020 | 21:47 WIB
Kementerian Keuangan berencana menaikkan lagi cukai industri hasil tembakau (IHT) seiring dengan kebutuhan penerimaan negara pada 2021. Pelaku industri rokok Tanah Air pun gelisah.

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Keuangan berencana menaikkan lagi cukai industri hasil tembakau (IHT) seiring dengan kebutuhan penerimaan negara pada 2021. Pelaku industri rokok Tanah Air pun gelisah.

Dalam Nota Keuangan RAPBN 2021, penerimaan kepabeanan dan cukai pada 2021 diekspektasikan masih mampu tumbuh hingga 3,8% (yoy). Secara lebih rinci, cukai tembakau ditargetkan naik dari Rp 164,9 triliun ke Rp 172,76 triliun atau naik 4,8%.

Kebijakan cukai selalu menjadi tantangan yang membayangi sektor IHT. Pada 2020, tekanan kenaikan cukai dan harga rokok memberi dampak signifikan pada turunnya IHT, ditambah lagi dengan imbas pandemi Covid-19 yang belum bisa diatasi sepenuhnya. Rencana kenaikan cukai pada 2021 menjadi kekhawatiran baru.

Kementerian Keuangan telah mengungkapkan rencana menaikkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) alias cukai rokok dalam beberapa tahun mendatang guna mengejar target pembangunan dari sisi fiskal maupun peningkatan daya saing manusia di bidang kesehatan.

Rencana itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 77/PMK.01/2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Keuangan 2020-2024. Di sisi lain, kebijakan tersebut harus disikapi secara hati-hati. Saat ini, IHT tengah terimbas dampak pandemi Covid-19 dan kenaikan cukai 23% pada 2019.

Ketua Umum Aliansi Masyarakat Tembakau Indonesia (AMTI) Budidoyo mengungkapkan di tengah pandemi Covid-19, sektor IHT mengalami tekanan dari beberapa penjuru sekaligus, seperti beban kenaikan cukai 23 persen, serta ketentuan minimum harga jual eceran (HJE) yang naik 35 persen.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top