Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Suasana sepi terlihat di Terminal IA Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/4/2020).  Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Premium

Menjaga Hela Napas Maskapai hingga Penghujung Tahun

09 September 2020 | 06:00 WIB
Maskapai nasional telah memutar otak agar tetap bisa menghela napas bisnisnya hingga akhir tahun ini, sembari berharap situasi pandemi Covid-19 segera mereda.

Bisnis.com, JAKARTA - Layaknya di dalam penerbangan pesawat, kondisi bisnis maskapai pada awal tahun bisa dikatakan masih stabil berada di udara. Namun, di tengah perjalanan mengalami turbulensi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Sontak, hal itu membuat maskapai menghadapi dua pukulan telak yakni dari sisi ekonomi dan kesehatan. Sayangnya, dalam kondisi tersebut maskapai dibuat gagap, karena pandemi adalah hal yang dalam beberapa tahun terakhir tidak pernah menjadi prediksi di meja para direksi.

Pernyataan International Air Transport Association (IATA) yang dikutip dari Bloomberg pada awal bulan ini menyatakan industri aviasi menghadapi risiko penurunan dan bakal kehilangan US$100 miliar secara kolektif hingga tahun depan. Bahkan pergerakan pesawat baru bisa dikatakan normal pada 2024.

Ketua Umum Indonesia Air Carriers Association (INACA) Denon Prawiraatmadja menuturkan upaya maskapai bertahan saat ini hanya menggantungkan diri pada kekuatan masing-masing pemilik modal. Secara otomatis maskapai yang memiliki jumlah pesawat lebih banyak beban biayanya juga semakin besar.

Denon menyebutkan pergerakan penumpang dalam waktu satu bulan saat ini hanya sekitar 2 juta orang dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu. Bahkan, angka ini baru mencapai 20 persen dari jumlah penumpang pada tahun lalu yang mencapai 8 juta orang.

Dia pun memperkirakan sampai akhir tahun ini jumlah penumpang total mencapai 30 juta atau lebih rendah 30-40 persen dibandingkan dengan pada tahun lalu.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top