Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono memberi sambutan pada acara penjajakan minat pasar empat proyek jalan tol kepada calon investor di Jakarta, Kamis (21/11/2019). - Istimewa/Kementerian PUPR
Premium

Tol Solo-Kulon Progo, Kesetaraan Yogyakarta dengan 5 Provinsi di Tanah Jawa

09 September 2020 | 08:12 WIB
Hari ini, Rabu, 9 September 2020, panitia lelang akan mengumumkan pemenang lelang proyek jalan tol Solo—Yogyakarta—YIA Kulon Progo setelah masa sanggah berakhir sehari sebelumnya.

Bisnis.com, JAKARTA — Jika di jalan tol Trans-Sumatra ada sirip jalan tol yang dibangun untuk mengurangi ketimpangan pembangunan antarkota-kota di pantai barat dan pantai timur Sumatra, di tol Trans-Jawa pun demikian.

Ada jalan tol Semarang—Demak yang sedang dibangun. Ada juga proyek jalan Gedebage—Tasikmalaya—Cilacap yang susah memasuki masa pelelangan prakualifikasi pada awal Agustus 2020. Sebentar lagi, jalan tol Solo—Yogyakarta—Yogyakarta International Airport Kulon Progo juga segara dibangun.

Jika ditarik ke belakang, penjajakan minat pasar atau market sounding proyek jalan tol Solo—Yogyakarta—YIA Kulon Progo telah dilaksanakan pada Kamis (21/11/2019).

Tidak hanya proyek tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memperkenalkan tiga proyek jalan tol lain yang semuanya berskema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Ketiga proyek jalan tol itu adalah jalan tol Yogyakarta—Bawen sepanjang 76,36 kilometer dengan biaya investasi Rp17,38 triliun, Gedebage—Tasikmalaya—Cilacap sepanjang 206,65 kilometer dengan biaya Rp57,59 triliun, dan jalan tol Makassar—Maros—Sungguminasa—Takalar (Mamminasata) sepanjang 48,12 kilometer dengan biaya Rp9,41 triliun.

Karena biaya yang diperlukan tidak sedikit, maka untuk menarik minat swasta menanamkan modal di sektor infrastruktur, Kementerian PUPR akan merelaksasi sejumlah regulas.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top