Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Kawasan Berikat Nusantara (KBN)  - kbn.co.id
Premium

Menakar Peluang Menghalalkan Industri melalui Kawasan

07 September 2020 | 20:00 WIB
Isu peluang ekonomi syariah bukan menjadi hal baru bagi Indonesia yang memiliki sekitar 260 juta penduduk yang mayoritasnya beragam Islam ini. Globalreligiusfuture pun masih mencatat saat ini Indonesia adalah negara dengan penduduk Islam terbesar di dunia.

Bisnis.com, JAKARTA - Isu peluang ekonomi syariah bukan hal baru bagi Indonesia yang memiliki sekitar 260 juta penduduk mayoritas beragam Islam ini. Globalreligiusfuture pun masih mencatat saat ini Indonesia adalah negara dengan penduduk Islam terbesar di dunia.

Penduduk Indonesia yang beragama Islam pada 2010 mencapai 209,12 juta jiwa atau sekitar 87% dari total populasi. Pada 2020 ini, penduduk beragama Islam diperkirakan akan mencapai 229,62 juta jiwa.

Sayangnya, dengan potensi dasar di atas hingga saat ini kinerja ekonomi syariah di Indonesia belum bergerak menuju angka-angka menggembirakan. Upaya Indonesia menjadi pusat ekonomi Islam di dunia pun terbilang masih jauh panggang dari api.

Meski demikian, terpilihnya Wakil Presiden Ma'ruf Amin menadampingi Presiden Joko Widodo pada periode kedua tahun lalu pun mendapat sinyal positif dari berbagai pelaku ekonomi syariah.

Sebelumnya, di akhir periode pertama memimpin negeri ini, pemerintahanya melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) meresmikan dan meluncurkan Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024.

Kala itu Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, masterplan tersebut memuat langkah-langkah strategis dalam pengembangan ekonomi syariah. Implementasi masterplan tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top