Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Foto udara perumahan di Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat./Bisnis - Rachman
Premium

KPR Syariah Makin Digemari, dari Cicilan Tetap hingga Fenomena Hijrah

05 September 2020 | 19:03 WIB
Konsumen hunian makin banyak yang memanfaatkan fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR) syariah. Ini sejalan dengan industri perbankan syariah yang menunjukkan terus perkembangan positif. Hingga Juli 2020, pembiayaan bank umum syariah (BUS) dan unit usaha syariah (UUS) untuk pemilikan rumah tinggal dan apartemen mencapai Rp86,774 triliun.

Bisnis.com, JAKARTA – Industri perbankan syariah menunjukkan terus perkembangan positif. Sepanjang 2014–2018, perbankan syariah mampu mencatat compounded annual growth rate (CAGR) sebesar 15 persen, lebih tinggi dari industri perbankan nasional yang mencatat CAGR sebesar 10 persen.

Berdasarkan data Statistik Perbankan Syariah (SPS) Mei 2020 yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Juli 2020, pembiayaan bank umum syariah (BUS) dan unit usaha syariah (UUS) untuk pemilikan rumah tinggal dan apartemen mencapai Rp86,774 triliun.

Nilai ini merupakan pertumbuhan sebesar 16,39 persen secara tahunan (y-o-y) dari sebelumnya Rp74,557 triliun.

Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan perkembangan positif perbankan syariah sejalan dengan semakin besarnya minat masyarakat untuk memiliki rumah dengan memanfaatkan kredit pemilikan rumah (KPR) syariah, yang pertumbuhannya lebih tinggi dibandingkan dengan KPR konvensional yang tumbuh single digit.

Tren positif KPR syariah ini juga tampak dari hasil survei Rumah.com Consumer Sentiment Study semester II/2020 yang menunjukkan terjadi kenaikan preferensi konsumen untuk memilih KPR syariah menjadi 35 persen responden dari sebelumnya 29 persen responden pada semester I/2020.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top