Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Shinzo Abe membungkukkan diri menghormati bendera Jepang usai mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Perdana Menteri Jepang.  - Bloomberg
Premium

Mengintip Calon Pengganti Shinzo Abe dan Kelanjutan Abenomics Jepang

28 Agustus 2020 | 17:51 WIB
Di tengah masih tingginya tekanan akibat pandemi Covid-19, Jepang harus ditinggal pemimpin berkharismanya yakni Shinzo Abe. Dia mengundurkan diri dengan alasan kesehatan. Lalu siapakah pengganti terkuat untuk menduduki jabatan Perdana Menteri Jepang?

Bisnis.com, JAKARTA – Shinzo Abe akhirnya mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Perdana Menteri Jepang. Faktor kesehatan menjadi alasan utama mundurnya Abe yang saat ini tercatat sebagai PM dengan masa jabatan terlama.

Pengumuman pengunduran diri Abe tersebut disiarkan secara langsung di televisi nasional Jepang pada Jumat (28/8/2020). Dalam siaran itu, sang perdana menteri yang menjabat sejak 2012 tersebut, menjelaskan alasannya kepada publik.

"Meskipun masih ada satu tahun lagi masa jabatan saya dan ada tantangan yang harus dihadapi, saya telah memutuskan untuk mundur sebagai perdana menteri," kata Abe pada konferensi pers di Tokyo, Jumat (28/8/2020), seperti dikutip dari CNN.

Keputusan Abe untuk berhenti menjadi kejutan bagi banyak orang, termasuk para orang-orang di dekatnya.

Dilansir Bloomberg, Perdana Menteri Jepang berusia 65 tahun telah mengunjungi Rumah Sakit Universitas Keio dua kali dalam dua pekan terakhir. Ia mengaku pada wartawan bahwa dirinya tengah menjalani tes untuk menjaga kesehatannya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top