Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Mendiang Ciputra di kediamannya di Pondok Indah, Jakarta, Kamis (28/6/2018). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan
Premium

Historia Bisnis: Rahasia Ciputra Sukses Berbisnis Properti

06 Agustus 2020 | 18:11 WIB
'Dalam hidup ini ada yang lebih mulia dari ketenaran, ialah karya besar' ujar mendiang Ciputra dalam wawancara kala itu.

Bisnis.com, JAKARTA – Mendiang Ciputra merupakan satu diantara sedikit pengusaha yang tunak di sektor properti. Begawan properti yang meninggal 27 November 2019 itu meninggalkan sejumlah karya yang menjadi simbol kualitas dan bentuk ideal sebuah kawasan kota.

Bisnis Indonesia pada tanggal hari ini 25 tahun lalu atau tepatnya 6 Agustus 1995 menurunkan wawancara dengan sang maestro yang mahir mengubah ‘tanah tandus menjadi ladang emas’ dalam properti itu.

Sebut saja kawasan pinggir laut lumpur dengan lintasan kali dengan air berwarna hitam di Ancol, Jakarta Utara yang disulap jadi pusat rekreasi. Dengan kepeloporannya juga, kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) dibangun menjadi kota yang sepenuhnya dibangun oleh pengembang swasta.

Dalam wawancara kala itu, Ciputra mengingatkan tentang surat Kahlil Gibran kepada Amien Guraib pada bertarikh 1908. “Dalam hidup ini ada yang lebih mulia dari ketenaran, ialah karya besar,” katanya mengutip satu bait karya Gibran.

 Berikut petikan wawancaranya kepada Bisnis Indonesia kala itu tentang bagaimana membangun bisnis properti.

 Bagaimana sebenarnya penilaian terhadap perusahaan real estate yang baik?

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top