Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri kedua) didampingi Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (ketiga kiri) dan rombongan mengunjungi Unit DHDT Refinery Unit (RU) II Dumai di Dumai, Riau. Kilang ini mampu mengubah minyak sawit menjadi solar nabati 100 persen. - Antara / Aswaddy Hamid
Premium

Solar dari Sawit (D-100) Pertamina: Harga Jual Hingga Garansi Mesin jadi Tantangan

17 Juli 2020 | 18:02 WIB
Pertamina mengumumkan kilang Dumai telah mampu memproduksi solar dari sawit atau D-100 dengan kapasitas 1.000 barel per hari. Perseroan juga menambah unit pengolahan D-100 menjadi 20.000 barel per hari. Jumlah ini dua kali lipat produksi minyak Lapangan Sukowati di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban pada 2018 sebesar 10.000 barel per hari. Masa depan energi Tanah Air?

Bisnis.com, JAKARTA – Pengumuman PT Pertamina (Persero) bahwa perusahaan mampu memproduksi solar 100 persen dari minyak sawit (D-100) skala kilang menjadi babak baru energi di Tanah Air.

Solar dari minyak sawit yang diproduksi Kilang Dumai ini berasal dari pengolahan Refined, Bleached and Deodorized Palm Oil (RBDPO) 100 persen. RBDPO adalah hasil pengolahan minyak sawit mentah (CPO) yang telah dimurnikan. Produk ini telah menjadi pucat, tidak memiliki asam lemak  dan bebas bau.

Kilang Dumai sendiri untuk tahap produksi kali ini mampu menghasilkan biosolar D-100 sebanyak 1.000 barel per hari. Uji coba pengolahan produksi dilakukan pada 2 - 9 Juli 2020 lalu.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan pihaknya optimistis mengembangkan bisnis green diesel ini. Selain Kilang Dumai yang sudah mampu berproduksi, saat ini perseroan tengah membangun unit green diesel di Kilang Plaju. Kapasitas unit ini setara 20.000 barel per hari.

“Katalis yang digunakan adalah Katalis Merah Putih yang produksi putra putri terbaik bangsa di Pertamina Research and Technology Centre bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung,” jelas Nicke dalam keterangan tertulis, Kamis (15/7/2020).

Tahap selanjutnya dari proyek energi ini adalah membawa bisnis biosolar ke tingkat ekonomi.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top