Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Petambak memperlihatkan udang lobster hasil budidaya di keramba apung, Pelabuhan Lama Ulee Lheue, Banda Aceh, Selasa (30/1). - ANTARA/Ampelsa
Premium

Jadi Kesayangan Susi, Di Manakah Posisi Lobster Indonesia di Pasar Global?

06 Juli 2020 | 21:14 WIB
Kendati memiliki luasan lautan yang besar, Indonesia rupanya masih tertinggal dari negara lain sebagai negara eksportir lobster dewasa.

Bisnis.com, JAKARTA – Polemik mengenai dibukanya kembali izin budidaya lobster dan izin ekspor benih bening lobster terus menggema. Pro-kontra dari beberapa pihak pun bermunculan.

Adapun, polemik tersebut muncul ketika Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menerbitkan Peraturan Menteri KKP No 12/2020 tentang Pengelolaan Lobster, Kepiting, dan Rajungan di Wilayah Republik Indonesia yang diundangkan pada 5 Mei 2020.

Ketentuan itu memperbolehkan kembali proses ekspor benih bening lobster dan budidaya lobster yang sebelumnya dilarang oleh Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019 Susi Pudjiastuti. Kala itu, Susi menerbitkan Permen KKP No.56/2016 tentang Larangan Penangkapan dan/atau Pengeluaran Lobster, Kepiting, dan Rajungan dari Wilayah Republik Indonesia.

Beleid baru yang diterbitkan oleh Edhy Prabowo tersebut secara otomatis menggantikan dan menganulir beleid keluaran Susi sebelumnya. Hal itu pun memicu 'perlawanan' Susi, yang disuarakannya melalui media sosial, salah satunya melalui akun Twiiter-nya. 

Kawan2 semua, saya Susi Pudjiastuti bukan siapa2 dan tidak harus jadi siapa2 selain diri saya. TAPI ..1. Kapal ikan ex asing/ asing dijinkan tangkap ikan lagi di Indonesia: NO NO NO 2. Trawl/ Cantrang diijinkan resmi : NO NO NO 3. Penangkapan bibit Lobster : NO NO NO '*'*'*

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top