Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Suasana kawasan wisata Pantai Kuta yang ditutup sementara tampak lengang di Badung, Bali, Minggu (31/5/2020). Salah satu destinasi pariwisata utama di Pulau Dewata tersebut masih ditutup dari aktivitas masyarakat dan kunjungan wisatawan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. - Antara/Fikri Yusufn
Premium

Pertaruhan Pembukaan Pariwisata di Tengah Pandemi

06 Juli 2020 | 13:36 WIB
Ibarat berjudi, pembukaan kembali destinasi wisata di tengah pandemi Covid-19 dapat mendatangkan keuntungan namun bisa juga kerugian yang besar.

Bisnis.com, JAKARTA – Sebagai negara dengan salah satu motor perekonomian yang berasal dari sektor pariwisata, wabah Covid-19 tentu menjadi kendala besar keberlangsungan industri tersebut.

Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), kontribusi sektor pariwisata terhadap produk domestik bruto nasional (PDB) pada 2019 mencapai 4,80 persen. Kontribusi itu berasal dari meningkatnya jumlah wisatawan mancanegara dan nusantara serta investasi di sektor tersebut.

Namun, dengan adanya wabah Covid-19 yang melanda dunia dan Indonesia sejak awal tahun ini, pariwisata RI tak lagi bisa berkembang dengan baik. Sektor tersebut terpaksa harus tiarap lantaran wabah virus tersebut membuat mobilitas manusia harus dibatasi.

Akan tetapi, indikasi positif bagi sektor tersebut mulai muncul tatkala pemerintah mulai melonggarkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan karantina wilayah di beberapa daerah, bulan lalu.

Tepatnya pada 22 Juni 2020, ketika Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mulai memberi izin kepada sektor pariwisata alam untuk dibuka kembali secara bertahap. Langkah itu diambil di tengah upaya adaptasi kebiasaan baru akibat pandemi Covid-19.

Kala itu, Doni menegaskan izin tersebut hanya diberikan kepada kawasan pariwisata alam yang berada di 270 kabupaten atau kota yang berada di zona hijau dan kuning.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top