Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pekerja memeriksa produk minyak pelumas dalam kemasan botol di Production Unit Jakarta Pertamina Lubricants. - Antara / M Agung Rajasa
Premium

Adu Strategi Pemasaran Onderdil dan Pelumas di Ranah Digital  

30 Juni 2020 | 21:49 WIB
Astra Otoparts (AUTO) mencatat bisnis perusahaan di ranah digital tumbuh 100 persen setiap bulan (month-to-month/m-t-m)

Bisnis.com, JAKARTA – Sebuah pesan melalui aplikasi Whatsapp masuk ke ponsel Lina (35). Sang pengirim, sebuah bengkel di bilangan Kelapa Gading mengingatkan sudah waktunya dilakukan perawatan termasuk mengganti pelumas.

“Sudah masuk waktunya servis kembali. Servis setiap 6 bulan atau kilometer maksimum 10.000, mana yang tercapai lebih dulu, untuk menjaga kenyamanan Anda,” ulas sang pengirim, yang ditunjukkan Selasa, (30/6/2020).

Bengkel yang terafiliasi dengan pabrikan itu kemudian mengarahkan Lina untuk menggunakan aplikasi milik perusahaan guna mengatur janji perawatan.

Mengarahkan pelanggan ke digital oleh para pelaku bisnis suku cadang dan perawatan kendaraan merupakan sebuah pertarungan baru. Meski bisnis ini sebelum pandemi Covid-19 telah digunakan, namun periode ini investasi digital perusahaan mendapatkan momentum. Apalagi ke depan, konsumen akan sangat selektif untuk tatap muka maupun keluar rumah.

Direktur PT Astra Otoparts Tbk. (AUTO) Yusak Kristian Solaeman menyebutkan saat ini bisnis suku cadang dan perawatan kendaraan turut tertekan. Fokus produsen saat ini adalah menyiapkan kemudahan dan kenyamanan sehingga pelanggan dapat tetap terjaga tanpa perlu keluar rumah.

AUTO sendiri telah memiliki sejumah layanan digital. Layanan ini bahkan telah dikenalkan tahun lalu. Namun momen pandemi Covid-19 membuat lini ini menjadi andalan. Setiap bulan, layanan digital AstraOtoShop yang menyediakan suku cadang dan dukungan pemasangan di rumah tumbuh 100 persen.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top