Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Hiero Lasut bersama ibunya bersiap mengikuti wisuda Universitas Sam Ratulangi secara daring dari rumahnya di Manado, Sulawesi Utara, Kamis (11/06/2020).Wisuda daring diselenggarakan dalam Sidang Terbuka Senat Universitas Sam Ratulangi periode IV yang diikuti 436 wisudawan dengan total peserta melalui aplikasi Zoom Meeting sebanyak 760 dan disiarkan secara langsung di situs Youtube. - ANTARA FOTO/Adwit B Pramono
Premium

Kepada Lulusan 2020 : Selamat Datang di Normal Baru

26 Juni 2020 | 14:11 WIB
Para lulusan perguruan tinggi maupun SMA/SMK yang memutuskan untuk langsung bekerja setelah menyelesaikan pendidikan mereka pada tahun ini harus menghadapi kenyataan pahit. Tak hanya bersaing dengan sesama angkatan kerja baru, tapi juga dengan mereka yang menjadi korban pandemi.

Bisnis.com, JAKARTA — Ratusan mahasiswa perguruan tinggi dan SMA/SMK pada tahun ini mungkin tidak mengira bahwa periode kelulusan mereka harus dilalui dengan keadaan yang berbeda.

Aktivitas belajar dan perkuliahan harus dilakukan secara daring, wisuda kelulusan dilakukan secara daring, hingga wawancara kerja dengan calon perusahaan yang juga memanfaatkan aplikasi teknologi. Semuanya karena pandemi Covid-19.

Di antara ratusan mahasiswa yang mungkin kebingungan melihat masa depan setelah lulus kuliah, Hendra Saputra bisa dibilang satu dari sedikit mahasiswa yang beruntung. Mahasiswa semester 8 dari jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) ini beruntung bisa bekerja bahkan sebelum dirinya dinyatakan lulus.

“Saya magang di Digital Agency Bounche Indonesia. Terkait rencana berapa lama [magang] sih, sebenarnya kontraknya bakal putus pada Agustus [2020] dengan total periode selama satu tahun [kerja],” katanya kepada Bisnis, Kamis (25/6/2020).

Hingga saat ini, Hendra masih sibuk mengerjakan tugas akhir sembari bekerja. Rencananya, dia akan mengikuti sidang kelulusan pada pertengahan bulan depan.

Setelah kontraknya habis pada Agustus 2020, Hendra mengaku sudah mendapatkan tawaran untuk bekerja di perusahaan tempatnya magang sekarang.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top