Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Karyawan Pertamina melakukan pengecekan fasilitas kilang minyak. Istimewa -  Pertamina
Premium

Babak Baru Holding Pertamina, Menguji Direksi Pilihan Erick Thohir

12 Juni 2020 | 17:06 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir memangkas direksi Pertamina dari 11 menjadi enam. Tidak ada lagi jabatan teknis.

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian BUMN yang dipimpin Erick Thohir memangkas jumlah direksi pertamina. Holding perusahaan minyak dan gas terpadu yang 100 persen sahamnya milik negara itu menyusutkan jumlah direksi dari 11 menjadi 6 orang.

Dalam jajaran baru ini tidak ada lagi nomenklatur direksi yang bersifat teknis. Jabatan seperti direktur hulu, direktur pengolahan, direktur pemasaran ritel, direktur pemasaran korporat, hingga direktur megaproyek dalam struktur baru Pertamina.

Sedangkan direksi non teknis relatif dipertahankan dengan penambahan satu muka baru. Dalam pilihan Erick Thohir terhadap Pertamina maka jajaran penghela industri minyak dan gas Tanah Air terdiri dari Direktur Utama Nicke Widyawati, Direktur SDM Koeshartanto, Direktur Keuangan Emma Sri Martini, Direktur Penunjang Bisnis M. Haryo Yunianto, Direktur Logistik dan Infrastruktur Mulyono, dan Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Bisnis Iman Rachman.

Hanya Iman wajah baru dalam jajaran direksi dalam RUPS hari ini, Jumat  (12/6/2020). Sedangkan nama lainnya adalah sosok yang sudah menjabat dari tahun sebelumnya.

"Pertamina itu sebagai holding kan sudah punya sub holding. Direksinya gak boleh kebanyakan, selain dirut ada yang namanya [direktur] finance sudah pasti. Ada human capital, ada corporate service. Itu peran holding-nya. " ujar Erick saat konferensi pers setelah RUPS.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top