Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Petugas sedang melakukan pengecekan di sebuah pembangkit listrik tenaga surya. Istimewa - PLN
Premium

India Dominasi PLTS Global, Indonesia Kapan?

11 Juni 2020 | 08:33 WIB
Presiden Joko Widodo rasa-rasanya perlu meminta laporan Menteri ESDM Arifin Tasrif mengenai perkembangan terkini soal target bauran energi terbarukan sebesar 23 persen pada 2025.

Apa jadinya bila lahan seluas Kota Cirebon dijadikan lokasi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS)? Kira-kira itulah yang dilakukan Mesir dalam membangun proyek PLTS.

Ya, Benban Solar Park di Aswan, Mesir berkapasitas 1.500 megawat (MW) memiliki luas area sebesar 37 kilometer persegi. Mirip dengan Kota Cirebon yang memiliki luas wilayah sekitar 37 km2.

Namun, Benban Solar Park bukannya yang terbesar. Masih ada sejumlah PLTS lainnya di dunia yang memiliki kapasitas dan luasan yang lebih besar.

Bhadla Solar Park di India misalnya, yang baru saja masuk tahap komisioning pada Maret 2020 memiliki kapasitas total 2.245 MW pada lahan seluas 40 km2. Namun, luas wilayah tak selalu berbanding lurus pada PLTS photovoltaik.

Tengok saja, Tengger Desert Solar Park, China yang berkapasitas 1.547 MW pada luas lahan 43 km2. Atau bahkan, Pavagada Solar Park, India yang memiliki kapasitas 2.050 MW pada lahan seluas 53km2.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top